Connect with us

Freestyle

Mau Mid-Range Flight dan Freestyle sekaligus ? Coba Rakit 7″ Drone !

Drone Rakitan 7″, bisa untuk “Mid-range Flight” dan “Freestyle”, tapi…

Telah Terbit

on

Photo: Isi artikel diinspirasi oleh video Joshua Bardwell tentang 7" Freestyle Drone

Belakangan ini, dunia drone rakitan mulai lebih mengarah kepada efisiensi dan eksplorasi jarak jauh menggunakan drone. Siapa yang bisa mencapai jarak terjauh dan dapat kembali dengan selamat, dia yang menang. Tapi untuk mendapatkan hasil tersebut, ada beberapa hal yang harus dikorbankan.

Sejarah Singkat Drone Rakitan

Dunia drone rakitan sekitar tahun 2012, bisa dibilang semua drone rakitan memiliki ukuran baling-baling (Propeller/Props) sekitar 9″. Hal tersebut terjadi dikarenakan oleh ukuran komponen seperti Flight Controller (FC) dan Electronic Speed Controller (ESC) yang memang belum bisa dibuat secara compact.

Lanjut ke dunia setelahnya (sekitar 2015), komponen perakit drone mulai mengalami “penyusutan” ukuran dan akhirnya memungkinkan kita, para hobbyist multirotor bisa merakit drone dengan ukuran yang lebih kecil dan dengan props ukuran 5″ namun tetap dengan kemampuan FC yang ala-kadarnya, membuat “mesin terbang” ini sulit untuk dikendalikan.

Sampailah kita pada tahun 2017-2018, dimana komponen perakit drone benar-benar mengalami evolusi dari segi ukuran dan segi kuatan komputasi. Dapat menjalankan Dynamic Filter untuk membuat pengalaman terbang lebih mulus tanpa harus melakukan banyak penyesuaian pada drone benar-benar sebuah hal luar biasa dan tak terbayangkan sebelumnya.

Dunia Drone Rakitan saat Ini

Di akhir 2018 dan awalan 2019 ini, ada beberapa kelompok yang kembali kepada tren 2012… Merakit drone dengan ukuran “besar” (jika dilihat dari standar saat ini) dengan props berukuran 7″ bahkan lebih. Apa yang membuat mereka melakukan hal ini ? Apa yang mendorong mereka untuk kembali kepada tren jaman dulu ?

Rupanya, kembalinya tren drone rakitan berukuran besar saat ini bukan semena-mena kembali ke tahun 2012.. Mungkin, ukuran yang kita lihat akan mirip dengan drone rakitan 2012. Tapi, komponen yang terdapat di dalam drone ukuran “besar” saat ini menggunakan komponen teknologi baru yang dapat melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh komponen tahun 2012.

Dari video yang dibuat oleh Joshua Bardwell, yang saya kutip diatas, alasan para pilot saat ini kembali ke “ukuran drone tahun 2012” adalah efisiensi dari drone itu sendiri.

Bisa menjangkau jarak lebih jauh, juga bisa melakukan beberapa teknik freestyle, tanpa harus melakukan banyak penyesuaian (berkat teknologi Dynamic Filter yang semakin baik) membuat beberapa kelompok tertarik untuk merakit ukuran “besar” dari drone biasanya.

Namun, untuk mencapai tujuan bisa “freestyle” dan “mid-range flight” dalam 1 drone, dibutuhkan beberapa penyesuaian seperti :

  1. Drone menggunakan motor ber-KV rendah dengan props berukuran besar,
  2. Drone menggunakan baterai ber-tegangan tinggi untuk mengkompensasi motor ber-KV rendah,
  3. Pilot harus menyesuaikan untuk tidak melakukan “punch-out” throttle terlalu sering, karena akan menyebabkan getar yang cukup serius (getaran dapat diminimalisir dengan penyesuaian, namun cukup sulit dibanding drone berukuran 5″),
  4. Keadaan props harus prima, jika ada sedikit saja kondisi “unbalanced” pada props, video yang dihasilkan akan sangat bergetar.

Jika kalian tertarik untuk melakukan eksplorasi jarak sedang menggunakan drone rakitan, mungkin kalian harus mencoba untuk merakit drone dengan ukuran props 7″. Selain bisa memuaskan hasrat terbang bebas, kalian juga dapat melakukan eksplorasi jarak sedang !

Freestyle

Location location – Crash di luar skenario

bogorfpv

Telah Terbit

on

Selanjutnya ->

Freestyle

Kejutan istimewa, istri/pacar penghobby Drone Fpv “WAJIB NONTON!!”

bogorfpv

Telah Terbit

on

Sumber : VIK FPV

BogorFPV.com – Keharmonisan dalam sebuah hubungan dengan sikap saling mendukung satu sama lain terlihat pada video ini.

Sang suami bermain drone di luar lapangan dan berdiri seorang istri di tengah lapangan yang tidak di ketahui oleh suami akan memberikan kejutan , istri tersebut menuliskan dengan sebuah kertas bahwa suami nya akan menjadi Ayah , dengan kejutan tersebut membuat mereka terlihat bahagia. Permainan drone yang cukup pandai, dan rumput yang hijau membuat suasana lebih indah.

Kalian juga bisa mengekpresikan diri dan memberi kejutan kepada seseorang atau menyatakan cinta menggunakan drone FPV ini.

**Tertarik ingin menjadi penulis artikel tentang FPV, hubungi email bogorfpv@gmail.com atau gabung di  Whatsapp Grup Kontributor

Selanjutnya ->

Freestyle

Spot Bermain Drone FPV Freestyle di Bogor ( Bando / Rumah Tua )

Lagi bingung cari spot terbang drone freestyle?

bogorfpv

Telah Terbit

on

Photo : @akbarfpv

Lagi bingung cari spot terbang drone freestyle? nah kali ini tim Bogorfpv akan memperkenalkan spot terbaru bermain drone freestyle yang lumayan menantang yaitu di Rumah yang sudah tak terpakai alias Bando,

Tahukah kalian bando ini berasal dari kata abandoned yang arti nya ditinggalkan. dengan banyaknya penghobby drone freestyle kata abandoned ini di singkat menjadi bando saja untuk mempermudah pengucapan.

Karena banyak rintangan di dalam nya pilot drone freestyle ini kebanyakan ingin sekali untuk mencoba keahlian nya dengan melakukan trik yang di kuasai nya,

Lokasi

Lokasi spot ini mungkin sangat tidak asing lagi bagi anak muda yang suka nongkrong daerah kota bogor yaitu Perumahan Bilabong, ]

– Maps

– 360 View

Video Freestyle

https://www.youtube.com/watch?v=8qtrVRMaXYA

Selanjutnya ->

Facebook

Tag

Trending